April 23, 2021
kelas online

Rekomendasi Kelas Prakerja di Skill Academy

Beberapa saat yang lalu, saya telah menyelesaikan program pelatihan Prakerja, yaitu salah satu Program bantuan dari pemerintah. Tidak hanya memberikan bantuan berupa uang tunai, tapi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi.

Untuk siapa saja kartu Prakerja ini? Menurut penjelasan di web resminya, program ini untuk semua warga negera Indonesia yang berusia di atas 18 tahun. Tidak hanya untuk masyarakat yang terkena PHK, namun bisa untuk pekerja maupun buruh yang menginginkan peningkatan kompetensi dirinya melalui pelatihan, termasuk untuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Namun, ada beberapa golongan yang tidak berhak menerima Kartu Prakerja, yaitu ; Pejabat Negara, Pimpinan Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Aparatur Sipil Negara,
Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia,
Kepala Desa dan perangkat desa, Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Pengalaman Mengikuti Program Prakerja :

Kamu harus updare kapan pembukaan program Prakerja akan dibuka, karena pembukaannya tidak setiap bulan, kadang ada jeda beberapa bulan untuk dibukanya pendaftaran. Daftarnya di web resmi prakerja.go.id

Kemudian mengisi data diri dengan benar dan teliti, jangan sampai typo atau salah input data. Harus jujur juga, jika kamu termasuk gologongan yang tidak berhak untuk menerima Kartu Prakerja, jangan daftar, beri kesempatan untuk orang yang membutuhkan.

Saat itu, ada beberapa soal pengayaan, seperti pengetahuan umu, matematika, dll. Mungkin setiap angkatan, pertanyaannya berbeda. Setelah semuanya telah diisi, jangan lupa berdoa untuk diterima.

Saya tidak langsung diterima, gagal hingga tiga kali, jangan patah semangat. Karena memang berdasarkan kuota, sabar aja, dan harus coba untuk pendaftaran gelombang berikutnya. Alhamdulillah, percobaan keempat, saya diterima.

Nanti ada notif lewat email atau SMS jika telah diterima, kemudian masuk ke web Prakerja untuk mengisi rekening dan mulai memilih materi pelatihan, sifatnya wajib mengikuti pelatihan agar bisa menerima insentif setiap bulannya.

READ  ASUS Vivobook A470, Produktivitas Semakin Maksimal

Perlu diperhatikan, saldo pelatihan dan insentif, berbeda lho. Kalau saldo pelatihan untuk membayar pelatihan yang akan kita ikuti, dan insentif merupakan dana bantuan yang kita terima setiap bulannya. Saldo pelatihan tidak bisa dicairkan.

Sebenarnya mengikuti pelatihan sekali saja, sudah bisa mendapatkan insentif. Tapi, sayang banget kalau nggak dimaksimalkan. Banyak materi belajar untuk meningkatkan kompetensi, apalagi ada platform kelas online terbaik, yaitu Skill Academy termasuk salah satu mitra pelatihan di Program Prakerja.

Skill Academy Vs Kelas.com

Mengenal Skill Academy sebelum mengikuti program Prakerja, dan pernah mengikuti salah satu kelasnya. Semakin ke sini, ternyata kelasnya lebih beragam. Saya juga mengikuti kelas dari mitra yang lain yaitu Kelas.com, dan ada beberapa perbedaan yang saya rasakan;

Dari akses materi belajar, Skill Academy bisa diakses lewat aplikasi maupun via dekstop (mengakses webnya). sedangkan kelas.com hanya bisa diakses lewat webnya, tentu dengan beberapa opsi akses akan memudahkan peserta, kalau lebih suka lewat aplikasi, bisa langsung install di playstore.

Antara kedua platform kelas online tersebut, memiliki range harga yang tidak jauh berbeda, sekitar 250ribu. Tapi, apakah kamu tahu jika ada banyak kelas yang murah namun berkualitas di Skill Academy? Harganya 150ribu, jenis pelatihannya juga beragam, mulai dari kelas tentang pajak untuk UMKM, usaha kreatif seperti menjadi youtuber hingga kelas dasar korespondensi maupun dasar Microsoft PowerPoint untuk pemula, kelas yang cocok untuk teman-teman yang baru lulus SMA maupun lulus kuliah yang ingin meningkatkan kemampuan untuk melamar kerja.

Kelas di Skill Academy lebih beragam, untuk dunia perkantoran, dunia kreatif digital, hingga kebutuhan UMKM atau usaha kecil ada di sini, dengan harga yang terjangkau. Jika kelas.com lebih ke dunia kreatif digital. Lebih baik satu platform, banyak pilihan tanpa perlu bikin akun di platform lain.

READ  Ngopi Cantik #6 Understanding Copyright For Blogger

Sebagai pemula, tentu akan kesulitan jika menentukan kelas apa yang ingin dipelajari, di Skilla Academy memberikan deskripsi kelas (detail kelas), profil trainer, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk satu kali materi, latihan atau tugas, dan cara mendapatkan sertifikat.

kelengkapan informasi yang didapat sebelum mendaftar tentu akan memudahkan peserta, jadi ketika masuk kelas, sudah siap belajar karena sudah mengetahui kisi-kisinya dan detail info lainnya. Peserta akan belajar secara online lewat video dan soft copy (tergantung kelas yang diikuti). Kualitas video juga jernih, tidak berat loadingnya, download file juga mudah. Namun, saat di kelas.com, video seperti embed dari youtube, kadang gagal muat dan akhirnya harus refresh halaman, kalau download soft copy, kadang kurang responsif.

Layanan customer service  dari Skill Academy bisa lewat mana saja, saya seringnya mention di twitter, dan adminnya responsif. Selain itu mendapatkan email berlangganan yang seringnya ada infor promo kelas dengan harga diskon, akan dapat survey setelah pelatihan. Survey ini berguna untuk meningkatkan kelas, peserta juga bisa ikut aktif memberikan saran.  Sejauh saya ikut kelasnya di Skill Academy, yang regular maupun Prakerja, puas dengan pelayanannya, sebelum mendaftar hingga mendpat sertifikat.

Rekomendasi kelas prakerja di Skill Academy.

Jika kamu baru pertama kali mengakses Skill Academy, berikut tips untuk mencari kelas yang cocok untuk kamu;

  1. Mengetahui apa yang kamu butuhkan : Jika kamu ingin meningkatkan kompetesnsi dunia digital, carilah kelas seputar media sosial, copywriting, platform youtube dan lainnya.
  2. Lihat profil trainer. Kenali siapa yang akan mengajar, punya pengalaman apa saja, apa output yang akan diterima oleh peserta setelah mengikuti kelas.
  3. Dimulai dari dasar : Teori dan praktik itu penting dan saling melengkapi, dasar teori akan membuatmu lebih paham dengan arahan trainer dan memudahkan kamu mempelajari sesuatu.
  4. Pintar mengatur waktu untuk belajar di kelas dan kesibukanmu.
  5. Tidak harus memilih kelas yang setema. Pemilik usaha tidak hanya daftar pelatihan seputar kewirausahaan, bisa loh daftar kelas bahasa inggris, siapa tau ingin melebarkan sayap ke luar Negeri. Jangan takut untuk eksplor bakatmu.
READ  Pengalaman Beli Hosting di Hoster

Rekomendasi Kelas

Rekomedasi kelas Prakerja ini merupakan kelas yang banyak dicari di Skill Academy dan berupa pengamatan pribadi. Karena saya pekerja lepas, banyak rekomen untuk yang ingin wirausaha maupun ingin mendalami dunia digital.

  1. SEO 101 : Bagi kamu yang berkecimpung di dunia digital pasti sudah akrab dengan SEO ini, cara untuk mengoptimasi website agar muncul dan bertahan di halaman satu Google. Materinya mulai dari dasar, pemahaman tentang SEO sangat mudah dimengerti, belajarnya juga santai, praktik dan latihannya membantu untuk semakin paham.
  2. Copywriting (Trik Merangkai Kata untuk Tingkatkan penjualan) : Kursus ini tidak hanya untuk pegiat digital, pemilik usaha juga bisa, setidaknya paham hal dasar bagaimana bisa mengetahui bagaimana menjual produk kamu atau jasa.
  3. Lean Startup (Memulai bisnis tanpa takut gagal) : Ingin membangun bisnis tapi nggak tahu mulai dari mana? Kamu bisa mempelajari hal ini dengan trainer yang sudah berpengalaman, yaitu Rizky Arief, CEO HMNS Perfume, kamu akan mempelajari step by step, mulai dari mindset, kerangka bisnis, hingga strategi peluncuran produk.
  4. Laris manis berjualan di E-commerce : Keberadaan E-commerce saat pandemi hingga sekarang selalu mencuri perhatian. Di sini kamu akan mempelajari cara meningkatkan penjualan di e-commerce.
  5. Kuasai teknik story telling dan creative writing untuk non-fiksi : Mau jualan tapi kok kesannya jualan banget, nanti pada kabur calon pembeli. Nah, kursus ini cocok kamu yang bingung tentang memikat calon pembeli dengan cara teknik story telling.

Masih banyak kursus online yang bisa kamu ikuti. Jadi, kamu ingin atau sudah ikut kelas online yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *