Belajar make up sendiri merupakan aktivitas yang cukup sering saya lakukan dan terasa lebih menyenangkan karena saya juga sering kepo sama produk make up terbaru, pengin coba hasilnya ketika diaplikasikan ke wajah, seringnya malah kepincut kemasan produk yang lucu dan entah kenapa semua produk terbaru terlihat nampak lucu dan pengin beli semuanya.

Sekarang ini mudah sekali mencari sumber untuk belajar make up sendiri, bisa melalui blog, youtube hingga media sosial, atau untuk menambah ilmu, kadang saya juga ikutan workshop rias secara offline, gratisan maupun berbayar. Karena saya percaya, jika setiap make up artist memiliki teknik tersendiri, memiliki “rahasia” sehingga setiap riasan memiliki keunikan tersendiri.

Kali ini ikutan beauty class yang diadakan oleh Indonesian Female Bloggers (IFB) dengan Lakme Makeup Indonesia. Nggak bakalan nyesel ikutan, apalagi IFB kolaborasi dengan brand yang kece seperti Lakme, bakalan antusias dengan tips dan trik per-makeup-an, setelah ikutan beauty class, langsung menerapkan belajar make up sendiri di rumah, harus lebih pede.

female blogger indonesia
kak Yomma kairupan (founder IFB) dan kak Pamela dari Lakme

Tujuan mengadakan event ini karena IFB ingin memberdayakan perempuan, dari perempuan untuk perempuan. Nggak jarang blogger menerima undangan sebuah event, gimana sih biar ke suatu acara tuh memberikan tampilan yang menarik, fresh nggak kucel, menarik dipandang. Meskipun blogger identik dengan kerja di depan laptop, tapi harus dong memperhatikan penampilan, siapa tahu dengan silaturahmi, tampilan fresh dan obrolan nyambung, bisa diajak kerjasama, atau bisa meningkatkan branding dari seorang blogger yang mampu membawa diri.

 

Make up itu bukan untuk menjadi seorang yang baru, tapi menonjolkan kelebihanmu.

 

One brand make up products, Lakme.

 

Tema make up kali ini lebih ke make up yang natural, praktis, dengan hasil yang glowing, apalagi dengan produk baru dari Lakme, nggak ada alasan lagi kalau make up butuh waktu yang lama.

Baca Juga  Perawatan wajah di Aishaderm Sidoarjo

cushion lakme

Langkah pertama adalah membersihkan wajah, sebelum menggunakan make up, penting banget untuk membersihkan wajah dari debu maupun kotoran, Lakme memiliki produk make up remover.

Tips : membersihkan dengan cara menuangkan di kapas, kemudian bersihkan dari arah bawah ke atas, agar wajah tetap kencang. Kemudian untuk bagian kelopak mata yang seringkali pakai produk waterproof, kapas yang sudah dibasahi dengan make up remover, diamkan beberapa menit di kelopak mata kemudian sereeet (eh diusap gitu). begitu pula jika ingin membersihkan bibir. Ingat ya, selain membersihkan wajah, jangan lupa untuk merawatnya sesuai dengan kondisi wajah.

cushion 9to5 lakme

9to5 Reinvent, Primer + Matte Cushion Foundation. Cushion yang sekaligus ada primernya. Bagi teman-teman yang super sibuk, bisa loh pakai cushion dari Lakme ini, kalau kulit wajahnya norma, pakai cushion aja tanpa harus di setting lagi dengan bedak tabur. Saya yang memiliki kulit wajah cenderung kering, setelah pakai cushion ini nggak pakai bedak lagi, bikin warnanya kulit di wajah merata. Ada juga sih produk primernya, yaitu Lakme absolute reinvent blur perfect make up primer. Primer ini sebagai base yang akan menyempurnakan make up, kalau langsung pakai foundation, kadang wajah jadi cakey atau make up terasa tebal, primer juga berfungsi sebagai menyamarkan pori-pori.

Pertama kali coba cushion ini langsung baca bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, dan bikin jath cinta karena mengandung moisturizer, spf 30 PA+ untuk melindungi wajah dari UVA dan UVB.

Ada 6 shade yang bisa kamu coba :
01 Nud* Fair
02 Light Sand
03 Medium Honey
04 Golden Natural
05 Honey Bronze
06 Soft Tan.

Saya pilih yang nomer 03 Medium honey. Bagaimana sih cara mengetahui kita cocok pakai shade yang mana, ya dicoba dulu sih, di tap-tap dikit ke wajah, cushion yang cocok tuh kayak nggak pakai cushion, berarti warnanya sama dengan wajah, nggak kayak pakai topeng gitu, beda halnya kalau menggunakan concelar yang warnanya pilih yang 1 hingga 2 tinggkat lebih cerah dari warna wajah.

Baca Juga  [Make up Collab] Birthday Make Up Look, electric color

Ini nih keunggulan cushion dari Lakme, saat mengaplikasikan ke wajah, cushionya nggak nempel di puff, tidak ada yang bersisa, semua nempel di wajah, bukan di puff. Bentuk puffnya yang nyaman di sela-sela jari, lembut, dan lentur, bisa menjangkau sudut wajah, seperti sudut hidung yang sering terlupakan. Velvet matte finish, jadi mattenya lebih ke shine, nggak bikin kering dan nggak bikin berminyak. Kerennya lagi, cushion ini dapat tahan selama 8 jam!

 

On point untuk riasan daerah mata.

 

Hayo siapa yang membutuhkan waktu lama untuk riasan di daerah mata? Eyeshadow, alis, maskara dan eyeliner merupakan item yang dipakai, butuh berapa waktu ya? Apalagi kalau bikin alis, berasa kayak ngukir sebuah maha karya.

eyeshadow lakme

Kali ini juga diberikan kesempatan untuk mencoba eyeshadow terbaru dari Lakme, yaitu 9to5 Reinvent Eye Color Quartet, warna-warna lebih condong ke warna coral. 4 warna yang cantik dan hasilnya lebih ke shimmer, biasanya saya pakai 1 warna saja, kalau ingin lebih menajamkan mata, pakai warna yang lebih gelap untuk sudut mata.

Eyesahdow juga bisa sebagai pengganti eyeliner bagian mata, namun saat mengaplikasikan bukan bagian dalam mata, tapi di bagian bulu mata bagian bawah. Jangan lupa untuk eyeliner bagian atas mata untuk mempertegas bentuk mata.

Siapa yang merasa nggak pede bentuk alis mata? Jangan khawatir, alis bukan saudara kembar, kadang alis di bagian mata sebelah kanan lebih tinggi daripada sebelah kiri, ini disebabkan banyak faktor, seperti kebiasaan tidur, kebiasaan mengunyah dan lain sebagainya. Jadi harus pede ya meski alis nggak simetris.

Lanjut ke bagian counturing agar pipi nampak lebih tirus, gunakan countour bagian tulang pipi, lebih tepatnya antara lubang telinga hingga ke bagian tengah pipi (selebar dua jari), jangan lupa menambahkan blush on, highlight agar semakin kece!

Baca Juga  Review Wardah Exclusive Liquid Foundation (Sheer Pink)
lip cream lak me
minimatte lip crayon dan classic liquid matte

Untuk menggunakan lip cream di bibir, ada dua pilihan yaitu menggunakan 1 pilihan warna atau bisa juga dengan ombre dengan 2 warna. Untuk ombre, aplikasikan warna yang lebih muda kemudian timpa di bagian tengah bibir dengan warna yang lain. Berkesempatan mencoba Minimatte Lip Crayon, ada 4 shade yang bisa dicoba (Fiery, Taffy, Mauvey, dan Peachy) atau teman-teman bisa cobain classic liquid matte, dengan 8 pilihan shade (Posh, Nectar, Lace, Rosewood, Rouge, Scarlet, Brick, Sunset).

Praktik secara langsung di beauty class IFB x Lakme memang banyak banget tips yang didapat, saya jadi nggak sabar untuk explore macam-macam make up look yang ingin diaplikasikan. Apa lagi ditunjang dengan produk Lakme, saya baru pertama kali pakai dan udah jatuh cinta sama cushion dan eyeshadownya, beneran ya kalau udah coba sendiri, udah buktikan sendiri, merasa puas dengan produknya. Warna-warna eyeshadow meskipun diaplikasikan sedikit saja, warnanya langsung on point gitu, warnanya juga cocok banget dengan warna kulit wajahnya yang medium, mampu menonjolkan sisi kecantikan yang natural dan glowing. Meskipun sudah beberapa jam pakai make up dari Lakme nggak bikin wajah jadi berminyak atau crack gitu di bagian sudut mata, awet pula. Produk Lakme membuat saya ingin terus belajar make up sendiri.

makeup natural glowing
hasil make up dengan produk dari Lakme